Jumat, 29 Januari 2016

Keterampilan Dasar IPS

A.    Pengertian Keterampilan Dasar IPS
Di sekolah, IPS menyediakan kajian terkoordinasi dan sistematis dengan mengambil dari dispilin-disiplin antropologi, arkeologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiolog, serta ilmu-ilmu kemanusiaan, matematika dan ilmu-ilmu alam.
Somantri (2001) mengemukakan bahwa Pendidikan IPS adalah suatu penyederhanaan disiplin ilmu-ilmu sosial, ideologi negara dan disiplin ilmu lainnya serta masalah-masalah sosial terkait yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.
B.     Klasifikasi Keterampilan Dasar IPS
Keterampilan dasar IPS dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Namun secara umum dapat terbagi atas (1) work-study skills; contohnya adalah membaca, membuat outline, membuat peta dan menginterpretasikan grafik; (2) Group-process skills; contohyna adalah berpikir kritis dan pemecahan masalah;serta (3) social-living skills; contohnya adalah tanggungjawab, bekerjasama dengan orang lain, hidup dan bekerja sama dalam suatu kelompok.
Oleh karena keterampila IPS merupakan dasar seseorang untuk dapat berhubungan dengna orang lain dalam kehidupan bermasyarakat maka NCSS (1971) mengemukakan bahwa terdapat beberapa keterampilan yang seyogianya dapat dimiliki, antara lain
(1)   keterampilan penelitian
(2)   keterampilan berpikir
(3)   keterampilan berpartisipasi sosial
(4)   keterampilan berkomunikasi
Keterampilan penelitian diperlukan untuk mengumpulkan dan memproses data, seperti berikut ini :
1.      Mengidentifikasi dan mengklasifikasi data
2.      Mengumpulkan dan mengorganisasi data
3.      Menginterprestasi data
4.      Menganalisis data
5.      Mengevaluasi hasil
6.      Menggeneralisasi hasil
7.      Mengaplikasikan pada konteks yang lain

Berpikir kritis adalah melihat sesuatu dengan jelas, sedangkan berpikir kreatif adalah melihat sesuatu dengan kreatif.
Beberapa hal yang termasuk ke dalam keterampilan berpikir yang dapat dikembangkan guru dalam pembelajarna, antar lain berikut ini :
1.      Menetapkan sebab dan akibat
2.      Mengevaluasi fakta
3.      Memprediksi
4.      Menyarankan konsekuensi-konsekuensi dari suatu fenomena
5.      Meramalkan masa depan
6.      Menyarankan alternatif pemecahan masalah
7.      Mampu memandang sesuatu dari perspektif yang berbeda

Beberapa ketearmpilan yang termasuk ke dalam keterampilan partisipasi sosial, antara lain berikut ini :
1.      Mengidentifikasi konsekuensi dari tindakan seseorang dan dampaknya terhadap orang lain
2.      Memperlihatkan kebaikan dan perhatian terhadap orang lain
3.      Berbagi tugas dan membangun kerja sama dengan orang lain
4.      Memfungsikan keanggotaan dan sebuah kelompok
5.      Mengadopsi beberapa variasi dari peran dalam kelompok
6.      Terbuka terhadap kritik dan saran .

Beberapa diantarnya yang termasuk ek dalam keterampilan untuk menunjang berkomunikasi adalah :
1.      Pemahaman tetang lambang dan sistem lambang, seperti warna dalam peta dan lambang >, =, + dalam matematika
2.      Pemahaman tentang aturan dan ketentuan yang terkaitkan dengan sarana komunikasi
3.      Pengungkapan gagasan secara jelas dan kreatif melalui berbagai bentuk komunikasi

C.     Perkembangan Siswa dalam mengembangkan keterampilan dasar IPS
Anak yang berda di kelas satu dan dua sekolah dasar dilihat dari usia menurt Bredekamp (1987:4) berada dalam rentangan usia dini, yaitu anak yang berusia empat hingga delapan tahun.

Keterampilan kognitif yang dimiliki anak adalah : mengklasifikasi, konservasim merangkai, mengurut, membandingkan, memahami perbedaan waktu, memahami hubungan, mengorganisasi dan mengingat informasi, mengenal tindakan, mengenal ojek, mengenal perubahan dimensi serta membuat hipotesis sederhana. Gaya berpikir anak usia sekolah adalah convergent, divergent, field dependence, field independence, reflectivity, dan impulsivity.

Menurut Erikson, bekerja dan berhubungan efektif dengan teman sebaya sebagai upaya mengembangkan perasaan berkemampuan. Tantangan perkembangan pada usia ini adalah perjuangan antara mengembangkan perasaan berkemampuan dengan perasaan rendah diri.
 ips itu memiliki beberapa tujuan yang diantaranya menjadi citizenship transmission., apa itu???singkatnya adalah pembentukan karakter kewarganegaraan. warga negara yang bisa hidup ditengah-tengah warga masyarakat lainnya. intinya harus menjadi warga negara yang baik,. saat ini yang menjadi fakta adalah yang diharapkan dari seseorang itu bukan menjadi warga negara yang hanya pintar, tetapi JUJUR!! inget JUJUR. suka miris kalaun liat keadaan orang-orang indonesia sekarang ini,


METODE PENGAJARAN IPS/ILMU SOSIAL
1.    Mengajar dan Interaksi Edukatif Pada Pengajaran IPS
Pendidikan, atau disempitkan dalam pengertian pengajaran, adalah satu usaha yang bersifat sadar-tujuan, dengan sistimetis terarah pada perubahan tingkah laku menuju kedewasaan anak didik. Perubahan yang dimaksud menunjuk pada suatu proses yang harus dilalui. Tanpa proses itu tujuan tak dapat dicapai. Dan proses yang dimaksud disini adalah proses pendidikan.
Karena mengajar merupakan peristiwa bertujuan dan merupakan usaha yang sadar tujuan, maka mengajar harus berlangsung dalam suasana dan situasi yang sesuai dengan peristiwa dan usahatersebut. Interaksi edukatif adalah interaksi sosial yang harus memiliki ciri-ciri:
a.    Ada tujuan yang jelasakan dicapai.
b.    Ada bahan yang menjadi isi proses.
c.    Ada pelajar yang aktif mengalami.
d.   Ada guru yang melaksanakan.
e.    Ada metode tertentu untuk mencapai tujuan.
f.     Proses interaksi tersebut berlangsung dalam ikatan situasional.
Menurut Nursid Sumaatmadja (1984 : 95) metode pengajaran adalah suatu cara yang di dalam fungsinya merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan. lebih lanjut S. Hamid Hasan mengemukakan pula bahwa metode pengajaran adalah suatu cara yang di gunakan guru untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa dalam belajar. dari kedua definisi tersebut dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa metode pengajaran PS adalah suatu cara yang di gunakan oleh guru agar siswa memiliki kesempatan belajar sebanyak-banyaknya dalam rangka pencapaian tujuan secara efektif.
Sehubungan dengan pemilihan dan penggunaan metode yang ada untuk pengajarkan IPS, maka perlu lebih dahulu diketahui apa yang menjadi tujuan pengajaran IPS. Edwin Fenton menyebutkan tiga tujuan pendidikan IPS sebagai berikut :
1)   Pemerolehan pengetahuan
2)   Pengembangan keterampilan inkuiri
3)   Pengembangan sikap-sikap dan nilai-nilai
Ketiga tujuan ini didasarkan pada taksonomi. Tujuan penididikan menurut Benjamin S. Bloom dan Kawan-kawan mengenai tujuan pendidikan kognitif (cognitif domain) dan klasifikasi David R. Krathwohl mengenai tujuan pendidikan afektif (affective domain). Dua tujuan pertama menurut Fenton termasuk kognitif dan yang terakhir termasuk aspek afektif.
Berkaitan dengan tujuan-tujuan pendidikan IPS di atas, maka guru harus memilih metode yang dapat digunakan agar tujuan-tujuan pendidikan itu tercapai. Metode-metode tersebut diantaranya sebagai berikut :
1)   Metode ceramah adalah metode yang umum dipakai. Di dalam bentuknya yang klasik guru memberi ceramah (expository), sedangkan siswa duduk mendengar, mencatat, dan menghapal
2)   Metode diskusi, jika metode ceramah belum dinilai cukup efektif, maka setelah guru selesai berceramah dapat diikuti dengan diskusi antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa lainnya mengenai materi yang dibahas.
3)   Metode Tanya Jawab berlangsung dalam interaksi antara guru dan siswa setelah guru selesai berceramah/membahas materi. Dalam metode tanya jawab terdapat beberapa jenis pertanyaan yang harus dikenali oleh guru, diantaranya :
a)        Pertanyaan mengingat/hafalan tujuannya untuk mengungkap apakah siswa telah memperoleh dan menguasai sejumlah informasi faktual yang diperlukan.
b)        Pertanyaan deskriptif, siswa-siswa diminta untuk memberikan penjelasan/jawaban (deskripsi) yang lebih rinci fakta yang mereka ketahui, membandingkannya, kemudian menghimpun dan megorganisasikannya.
c)        Pernyataan menjelaskan, siswa tidak saja mengingat dan mengorganisasikan jawaban tetapi juga membuat kesimpulan.
d)       Pertanyan sintesis, siswa diminta untuk menghimpun, mengkombinasikan, menghubungkan, atau menyambung bagian-bagian isi atau fakta.
e)        Pertanyaan memilih, siswa diminta untuk memilih di antara alternatif-alternatif, membuat pertimbangan atas dua atau lebih kemungkinan terbaik menurut kriteria yang kemungkinan terbaik menurut kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
f)         Pertanyaan terbuka, siswa diminta mencari dan menentukan jawaban yang dapat diterima.
4)   Metode Proyek, pegertian proyek di sini ialah semacam penelitian (inkuiri) yang dilakukan di luar kelas/sekolah yang dilakukan oleh siswa kemudian hasil akhir dibawa dan dibicarakan bersama di dalam kelas.
5)   Metode Karya Wisata. Siswa dibawa menggunjungi objek-objek pemukiman transmigrasi, situs sejarah, museum atau tempat wisata yang relevan.
6)   Metode bermain peran (tole playing). Termasuk simulasi atau sosio drama.
7)   Metode inkuiri/discovery, termasuk metode yang paling canggih yang menuntut fakta-fakta dan generalisas-generalisasi.
2.    Kedudukan Guru Dalam Pengajaran IPS
Pada proses mengajar dan interaksi edukatif, guru menjadi pelaksana dan penyelenggaranya. Dalam rangka pengajarn IPS, guru memiliki kedudukan tertentu yang sesuai dengan peranannya sebagai Guru IPS. Tetapi secara umum, kecakapan dan kemampuan yang dituntut itu, berlaku pula bagi guru di jenjang-jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hanya barang kali bobot, pendalaman dan luasnya berbeda-beda sesuai dengan tingkat dan jenjangnya masing-masing.
Guru memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan dan bidang kemasyarakatan. Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa.
Yang akan dikemukakan disini adalah peran yang dianggap paling dominan dan klasifikasi guru sebagai:
1. Demonstrator
2. Manajer/pengelola kelas
3. Mediator/fasilitator
4. Evaluator
2.1     Kemampuan Mengorganisasikan dan Menjabarkan Materi Pelajaran ke dalam Bentuk yang Mudah Dilaksanakan, Mudah Dikelola, dan Mudah Dimengerti Oleh Murid
          Kriteria kompetensi diatas, merupakan salah satu kunci keberhasilan guru mencapai tujuan instruksional IPS. Oleh karena itu, kriteria ini perlu dijabarkan lagi lebih lanjut.
       I.       Menaruh Minat yang Penuh terhadap IPS
          Salah satu kunci yang dapat memperlancar tugas melaksanakan pengajaran secara wajar, kita harus memiliki minat yang penuh dan sungguh-sungguh. Kita tidak akan berhasil secara wajar melaksanakan tugas mengajarkan, jika kita sebagai guru tidak menaruh minat dan perhatian yang sungguh-sungguh terhadapnya. Dengan minat dan perhatian yang besar, tidak ada hambatan dan tantangan yang tidak dapat kita atasi. Apapun tugas yang harus kita laksanakan berkenaan dengannya, selalu akan kita dapatkan jalannya.
    II.       Menguasai Hakekat IPS
          Menaruh minat yang penuh belum dapat menjadi jaminan yang maksimal terhadap keberhasilan mencapai tujuan instruksional tersebut. Kita harus menguasai benar hakekat, ruang lingkup, konsep, dan prinsip tersebut. Guru IPS harus meguasai dan meyakini sepenuhnyaang IPS yang menjadi bidang studi yang harus diajarkannya.
 III.       Berjiwa Wiraswasta
          Untuk mampu mengoranisasikan dan menjabarkan materi pelajaran IPS kedalam bentuk-bentuk yang praktis operasional, guru tidak boleh memiliki sikap mental menunggu, melainkan harus penuh dengan gagasan dan inovatif terhadap tugas yang menjadi bagian dari profesinya. Dengan kemampuan yang ada pada dirinya, guru harus menjadikan tugas tersebut sebagai tantangan yang dapat meningkatkan kemampuanyang ada pada dirinya.

2.2     Kemampuan MenggunakanVariasi Strategi Pengajaran Kelompok Besar, Kelompok Kecil, dan Murid Secara Individual
       I.       Dasar Kepemimpinan
Pada hakekatnya guru adalah seorang pemimpin di tengah anak didiknya. Guru harus mampu mengelola murid ke dalam bentuk ukuran kelompok sesuai dengan pengembangan pribadi anak dan sesuai dengan pokok bahasan yang harus dikembangkan. Salah satu misi pengajaran IPS adalah mengembangkan pribadi anak untuk mampu berdiri diatas kaki sendiri, dan mampu bekerja sama dengan pihak lain dan bidang keahlian atau keilmuan lainnya. Muruid-murid harus dilatih melakukan proses belajar melalui kekuatan pribadinya secara individual dan dalam bentuk kelompok. Guru sebagai seorang pemimpin harus mengelola proses tadi secara efektif, efisien, dan produktif. Guru harus menguasai strategi untuk menciptakan situasi dan suasana yang serasi.
    II.       Dasar Stimulator
Guru harus menggali materi yang diajarkan dari fakta dan gejala, dan bahkan masalah social yang praktis terjadi sehari-hari di masyarakat, bukan hanya ia sendiri yang harus aktif menggali materi tadi, melainkan lebih jauh daripada itu harus mampu memberikan stimulasi dan dorongan kepada murid untuk menggali dan mengungkapkan hal-hal yang terjadi di masyarakat yang dapat dipelajari lebih lanjut. Guru harus mampu membangkitkan minat dan perhatian murid-murid terhadap berbagai ketimpangan dan masalah social yang terjadi disekitarnya. Melalui cara ini, kepekaan anak didik terhadap berbagai gejala kehidupan social menjadi bertambah tajam, sehingga mereka dapat diharapkan menjadi warga masyarakat yang aktif, kreatif, dan terampil fisik-biologisserta mental psikologis.
 III.       Dasar Kemampuan Melakukan Pengajaran TIM
          Guru harus meiliki kemampuan mengorganisasikan pengajaran IPS dan murid-murid peserta didiknya seefektif-efektifnya. Harus dapat mengatur kelompok, waktu, orang yang membantu dalam pelaksanaan mengajar termasuk segala perlengkapannya, sehingga murid-murid dapat mengembangkan pribadi dan tanggung jawabnya masing-masing. Guru harus mampu mengatur strategi, baik yang berkenaan dengan ruangan, jumlah murid, waktu, maupun yang berkenaan peralatan yang digunakan pada proses belajar-mengajar, agar tujuan pengajaran mencapai hasil yang maksimal.

2.3     Kemampuan Melibatkan Murid Secara Aktif dan Langsung Dalam Mempelajari IPS
Kompetensi guru yang terakhir ini merupakan pencerminan kecakapan-kecakapan yang telah dikemukakan diatas. Kemampuan melibatkan murid secara aktif ini menuntut kemampuan guru sebagai pemimpin, sebagai stimulator, sebagai motivator, dan sebagai seorang Wiraswasta pada bidang pendidikan.

3.         Murid Peserta Pengajaran IPS
Pada pengajaran IPS, murid bukan hanya menjadi sasaran yang harus menerima materi yang diajarkan melainkan mereka harus diperlakukan sebagai subyek yang menjalani proses belajar secara aktif.
3.1.  Kondisi Dan Perkembangan Mental Murid
Kemampuan mental anak didik sesuai dengan tingkat umur dan pengalamannya. Kemampuan mental tadi pada umumnya berkembang mulai dari tingkat umur atau tingkat pendidikan yang rendah menuju ke arah kematangan pada tingkat umur atau tingkat pendidikan yang tinggi. Anak didik tidak boleh dikorbankan dan diperkosa oleh ambisi guru yang bermaksud memberikan materi seluas dan sedalam mungkin. Kemampuan dan perkembangan mental anak didik harus dijadikan salah satu ukuran menentukan bobot materi dan metode penyajian yang paling serasi.
3.2. Dasar Kesadaran Mental Murid
Anak didik yang menjadi subyek dan obyek pengajaran memiliki dasar kesadaran mental yang harus ditumbuhkan dan dikembangkan. Minat anak didik menjadi modal yang sangat berharga pada pengajaran IPS. Jika guru telah dapat menumbuhkan dan mengembangkan minat murid-murid terhadap pengajaran yang diajarkan kepada mereka, telah terbukalah jalan untuk menanamkan isi pelajaran tersebut kepada mereka. Tetapi bila pada kesempatan pertama guru sudah tidak berhasil menarik perhatian para muridnya, jangan diharapkan bahwa proses pengajaran selanjutnyaakan mencapai hasil yang maksimal. Minat anak didik pada pengajaran IPS jangan dianggap remeh, bahkan harus dijadikan sumber daya yang sangat berharga. Penyajian materi dan proses penyampaiannya harus tetap dipertahankan menarik bagi para anak didiknya. Kelucuan yang menarik yang kadang-kadang meledak di tengah-tengah pelajaran, dapat menyegarkan suasana proses belajar mengajar.
Dengan dilandasi oleh hal-hal yang menarik dan merangsang keingintahuan, anak didik didorong untuk membuktikan sendiri apa yang telah dipelajarinya dengan kenyataan yang ditemuinya sehari-hari. Dorongan untuk menemukan sendiri hal-hal yang dipelajarinya, menjadi dasar bagi seorang murid utuk menjadi peneliti dan meningkatkan kemampuannya melanjutkan pelajaran ke tingkat yang lebih tinggi.
3.3. Potensi Yang Harus Dikembangkan Dari Murid
Potensi anak didik yang harus dikembangkan melalui pengajaran IPS yaitu mengenai sikap mentalnya, daya rasionalnya, daya emosionalnya, dan keterampilan baik keterampilan mental psikologisnya maupun fisik biologisnya. Melalui pengajaran yang terarah dan mantap, sikap dan mental daya rasional, daya emosional, keterampilannya dibina ke arah kematangan dan kedewasaan.

4.      Tehnik, Strategi, dan Metode Pengajaran IPS
Menurut Husein Akhmad dkk(1981;58) seorang guru IPS dalam memilih metode hendaknya memperhatikan faktor –faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut adalah :
a. Pengajar (guru)
b. Siswa
c. Tujuan yang akan dicapai
d. Materi /bahan
e. Waktu
f. Fasilitas yang tersedia

2. Macam – Macam Metode Pendekatan Pembelajaran IPS
a. Contectual teaching and learning (CTL)
Pendekatan CTL merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Karakteristik pendekatan pembelajarn CTL adalah :
1. Kerja sama
2. Menyenangkan.
3. Pembelajaran terintegrasi
4. Menggunakan berbagai sumber
5. Siswa (aktif,kreatif,dan kritis) ,guru (harus kreatif).
6. Dinding kelas dan lorong –lorong penuh dengan hasil karya siswa,misalnya          peta,gambar,ceritera,puisi.
7. Laporan kepada orang tua tidak hanya berupa rapor,tetapi dapat berupa hasil karya siswa,misalnya laporan / tugas,karangan.
Menurut Widyaiswara LPMP (2005) ,menyatakan bahwa guru dikatakan telah menerapkan pendekatan pembelajaran CTL apabila menempuh tujuh komponen,sebagai berikut :
1.Mengembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri,menemukan sendiri, dan mengkontrak sendiri pengetahuannya.
2.Melaksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik / pokok bahasan.
3.Mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan.
4.Menciptakan masyarakat belajar,misalnya belajar dalam kelompok – kelompok.
5.Menghadirkan model sebagai contoh pembelajaran .
6.Melakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara dan subyektif mungkin.

Unsur yang terkandung dalam CTL antar lain :

1. Konstruktivisme ( constructivism )
2. Menemukan ( inquiry )
3. Bertanya ( Questioning )
4. Masyarakat belajar ( learning community )
5. Pemodelan ( modeling )
6. Refleksi (reflection )
7. Penilaian yang sebenarnya ( authentic assessment )

     b. Cooperative learning
Cooperative learning atau sering disebut dengan kooperasi adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berisi serangkaian aktivitas yang diorganisasikan. Pembelajaran tersebut difokuskanpada pertukaran informasi terstrukturantar sisswa dalam kelompok yang bersifat social dan pembelajar bertanggung jawab atas tugasnya masing – masing.
Ada lima prinsip untuk mencapai hasil maksimal dari pembelajaran dengan model cooperative learning yang baru dikembangkan,antara lain:
Ø Saling ketergantungan
Ø Tanggung jawab perseorangan
Ø Tatap muka
Ø Komunikasi antar anggota
Ø Evaluasi proses kelompok
Teknik teknik pembelajarn cooperative learning
1. Teknik mencari pasangan
Teknik ini digunakan untuk memahami suatu konsep atau infor masi tertentu yang harus ditemukan siswa. Keunggulannya siswa dapat mencari pasangna sambil belajar menggali satu konsep atau tema dalam suasana yang menyenangkan. Tenik ini dapat digunakan dalam semua mata pelajaran da untuk semua tingkat usia anak.
2. Bertukar pasangan
Tenik dapat member kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain. Teknik ini jga dapat diterapkan kepada semua mata pelajaran dan semua tingkat usia anak didik.
3. Berpikir berpasangna berempat
Teknik ini memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri atau bekerjasama dengan siswa lain. Keunggulannya adalah optimalisasi partisipasi siswa. Teknik ini juga dapat diterapkan pada semua mata pelajaran dan semua tingkatan usia anak didik
4. Keliling kelompok
Teknik ini dapat diterapkan pada semua mata pelajaran dan semua tingkatan usia anak didik. Dalam kegiatan keliling kelompok,masing – masing anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusinya dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya.
5. Jigsaw
Teknik dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran membaca , menulis , berbicara , dan mendengarkan. Teknik ini dapat diterapkan untuk semua kelas dan cocok untuk mata pelajaran bahasa Indonesia , IPA , IPS , dan Agama.


c. Metode karyawisata
Metode karyawisata dapat dilaksanakan dengan mengadakan perjalanan dan kunjungan yang hanya beberapa jam saja ke tempat atau daerah yang tidak begitu jauh dari sekolah , asalkan maksudnya memenuhi tujuan instruksional IPS. Seorang guru dapat menerapkan metode karya wisata yang terarah dan sesuai dengan tujuan instruksionalnya apabila guru memperhatikan hal – hal sebagai berikut :
1. Mengetahui hakikat metode karyawisata
2. Mengetahui kelebihan dan kelemahan metode karyawisata
3. Mengetahui langkah – langkah yang ahrus dilakukan sebelum pelaksanaannya
4. Mempunyai keterampialn memilih pokok – pokok bahasan yang cocok dikembangkan dengan metode karyawisata.
Fungsi metode karyawisata
1). Mendekatkan dunia sekolah dengan kenyataan
2). Mempelajari suatu konsep atau teori dengan kenyataan dan sebaliknya
3). Membekali pengalaman riil pada siswa.
Langkah – langkah metode karyawisata
1. Tahap persiapan
Meliputi persiapan materi atau topik karyawisata ,persiapan teoritis ,persiapan perlengkapan, dan aspek – aspek lain yang menunjang pelaksanaan karyawisata.
2. Tahap pelaksanaan karyawisata di lapangan
Jika tahap persiapan telah matang dan terperinci, maka tahap pelaksanaan akan lancer.
3. Tindak lanjutnya pelaksanaan karyawisata (setelah kembali ke tempat)
Kegiatannya meliputi penyusunan dan membuat laporan hasil karyawisata.
Kelebihan dan kelemahan metode karyawisata
Ø Kelebihan metode karyawisata
1. Siswa dapat mengamati obyek secara nyata dan bervariasi.
2. Siswa dapat menjawab dan memecahkan masalah – masalah dengan cara melihat ,mencoba dan membuktikan secara langsung suatu obyek yang dipelajari.
3. Siswa dapat pula mendapatka informasi langsung dari narasumber.
Ø Kelemahan metode karyawisata
1. Jika terlalu sering dilaksanakan akan mengganggu rencana pelajaran.
2. Perlu pengawasan dan bimbingan guru.
3. Jika obyek yang dikunjungi terlalu jauh letaknya,menyulitkan transportasi dan pembiayaan.
4. Jika pelaksanaan karyawisata terlalu kaku sifatnya, dapat menurunkan minat siswa terhadap karyawisata , sehingga tujuannya tidak tercapai.
d. Metode role playing (bermain peran )
Metode role playing tidak bias lepas dari metode sosiodrama , sebab keduanya sama - sama dapat diterapkan dalam pengajaran IPS yang sukar dipisahkan satu sama lainnya. Role playing adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang dipakai untuk menjelaskan peranan , sikap , tingkah laku ,nilai dengan tujuan menghayati perasaan , sudut pandang , dan cara berpikir orang lain.
Dengan demikian roel playing merupakan sutau teknik atau cara agar para guru dan siswa memperoleh penghayatan nilai – nilai dan perasaan. Sedangkan sosiodrama berarti mendramatisasikan cara tingkah laku di dalam hubungan sosial.
Tujuan dan manfaat role playing (menurut shaftel)
1. Agar menghayati sesuatu kejadian atau hal yang sebenarnya dalam realita hidup.
2. Agar memahami apa yang menjadi sebab dari sesuatu serta bagaimana akibatnya.
3. Untuk mempertajam indera dan rasa siswa terhadap sesuatu.
4. Sebagai penyaluran / pelepasan ketegangan dan perasaan – perasaan.
5. Sebagai alat diagnosa keadaan kemampuan siswa.
6. Pembentukn konsep secra mandiri.
7. Menggali peranan – peranan daripada seseorang dalam suatu kehidupan kejadian / keadaan.
8. Membina siswa dalam kemampuan memecahkan masalah , berfikir kritis , analisis , berkomunikasi , hidup dalam kelompok dan lain – lain.
9. Melatih anak ke arah mengendalikan dan membaharui perasaannya , cara berfikirnya , dan perbuatannya.
Langkah – langkah role playing
1. Pemanasan (pengantar serta pembahasan ceritera dari guru )
2. Memilih siswa yang akan berperan
3. Menyiapkan penonton yang akan mengobservasi
4. Mengatur panggung / ruang
5. Permainan
6. Diskusi dan evaluasi
7. Permainan berikutnya
8. Diskusi lebih lanjut
9. Generalisasi
Masalah – masalah social yang dapat dijajaki dengan metode role playing adalah sebagai berikut :
1. Masalah pertentangan antar pribadi – pribadi
2. Masalah hubungan antar kelompok. Mengungkapkan masalah hubungan antar suku , bangsa , kepercayaan.
3. Masalah kemelut pribadi kemelut antara tekanan orang tua dan kemauannya , juga antara kelompoknya dengan kemauannya.
4. Masalah masa lampau dan sekarang .

e. Metode simulasi
Istilah simulasi berasal dari kata simulate yang berarti pura –pura dan simulation yang berarti tiruan atau perbuatan yang hanya pura – pura. Sebagai metode mengajar, simulasi diartikan sebagai suatu usaha untuk memperoleh pemahaman akan hakikat dari suatu konsep, prinsip atau sesuatu keterampilan tertentu melalui proses kegiatan atau latihan dalam situasi tiruan.
Tujuan simulasi
1. Untuk melatih keterampilan tertentu, baik yang bersifat professional maupun bagi kehidupan sehari – hari.
2. Untuk memperoleh pemahaman tentang suatu konsep atau prinsip.
3. Untuk latihan memecahkan masalah.
Manfaat metode simulasi
1. Belajar tentang persaingan
2. Belajar kerjasama
3. Belajar emphaty
4. Belajar tentang system social
5. Belajar konsep
6. Belajar menerima hukuman
7. Belajar berpikir kritis
contoh nilai dan sikap Anak Usia Dini yang dapat dikembangkan lewat pembelajaran IPS

 .      Nilai yang dapat disampaikan melalaui IPS seperti keuletan , maka guru hendaknya mengembangkan sikap siswa seperti kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas, kemudian bagaimana cara ia memecahkan masalah yang ia hadapi.
        Nilai kesopanan, sikap siswa nya adalah seperti menghormati orang dewasa dan menghargai orang yang lebih muda, mentaati perintah guru dan lain-lain. Nilai kesopanan sangat penting diterapkan pada anak sejak usia dini karena kesopanan akan terbentuk sempurna ketika anak sudah dewasa jika ia sudah menanamkan nilai-nilai kesopanan sejak usia dini.
.       Nilai kedisiplinan, sikap siswa nya adalah mematuhi aturan permainan, mengerjakan tugas yang diperintahkan oleh guru dan lain-lain. Sikap dan nilai ini penting untuk membangun karakter siswa dalam mencapai perkembangan sosial nya, serta kedisiplinan maampu mengembangkan kualitas perilaku siswa.
         Nilai kreativitas, sikap siswa nya adalah menggunakan media pembelajaran dengan baik, dan berkarya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dalam mengembangkan sumber daya manusia maka nilai kreativitas sangat penting untuk membangun SDA yang berkualitas.
.      Nilai kebersihan, sikap siswa nya adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lain. Nilai kebersihan sangat penting di terapkan pada anak sejak usia dini karena jika anak mempunya jiwa kebersihan yang baik maka ia akan berjiwa sosial yang baik pula, karena lingkungan sosial tidak akan terlepas dari masalah-masalah kebersihan.


1 komentar: